Rabu, 27 Januari 2016

Kualitas Hidup Masyarakat Sardinia Di Italia


Sardinia, merupakan salah satu kota di Italia, yang terkenal di dunia karena penduduknya yang dapat hidup hingga rata-rata 100 tahun. Mereka yang umumnya berumur panjang sehat itu rata-rata para penggembala dan pekebun ( dimana sebagian besar penduduknya adalah pengembala dan pekebun ) yang sering berjalan kaki sampai lima kilometer per hari.
Yang kita keatahui jantung memiliki kinerja yang optimal yaitu dengan berolahraga. Jika tidak berolahraga maka kinerja jantung akan lemah dan aliran darah tidak lancar. "Hal itu yang membuat orang akan terlihat lesu dan sakit, tapi dia sebenarnya tidak lesu dan sakit, namun disebabkan oleh pembuluh darahnya yang sudah tidak sehat, kualitas darah yang kurang gizi, melambatnya aliran darah yang disebabkan oleh kinerja jantung yang sudah lemah/kurang terpompa, sedangkan Orang yang rajin berolahraga, jantungnya akan memompa darah lebih deras. "Jika pompa darah deras maka sel-sel yang berguna untuk tubuh dalam darah akan sampai ke seluruh tubuh". Selain itu, olahraga secara teratur akan membuat ratusan otot kita di dalam tubuh tidak kaku.
Faktor lain yang penting dari angka harapan hidup yang tinggi masyarakat Sardinia, Italia adalah kebiasaan mengonsumsi kacang-kacangan. Mereka setiap hari mengonsumsi kacang-kacangan. Dimana penelitian mengatakan Jika makan kacang satu cangkir per hari bisa menambah harapan hidup hingga dua tahun lamanya.
Faktor Konsumsi dua gelas wine setiap hari. Berdasakan hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature tahun 2006, dimana wine lokal milik penduduk Sardinia jauh lebih kaya akan flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan antioksidan, hal ini berbeda jika dibandingkan dengan wine dari Amerika atau negara Eropa yang lain.
Faktor Kebiasaan Diet masyarakat yang dipenuhi dengan buah dan sayur hasil kebun sendiri. Sebut saja seperti, zucchini, terung, tomat, dan buncis yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker kolon/gangguan pencernaan.
Faktor konsumsi sehari-hari masyarakat sardinia yang terbuat dari produk-produk olahan susu seperti susu domba pemakan rumput, ikan segar dan keju pecorino dimana keju ini mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak.
Ada juga faktor yang kuat lainnya yaitu lingkungan bebas polusi yang memengaruhi pola hidup sehat masyarakat disana. dimana masyarakat disana kebanyakan berjalan kaki untuk berpergian dan tingkat kepedulian lingkungan yang tinggi dari masyarakatnya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar